Transportasi 
adalah pemindahan manusia, hewan, atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya 
dengan menggunakan sebuah kendaraan yang 
digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi 
digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di 
negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan 
taksi. Penduduk di sana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka 
sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka. 
Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. 
Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk 
memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi 
udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi 
lainnya. Tetapi kali ini hanya dibahas tentang transportasi darat saja. Berikut jenis-jenis transportasi darat yang sering kita 
temui baik di kota maupun di desa.
Mobil Sewa
Untuk perjalanan panjang di dalam 
maupun luar kota, dapat menyewa mobil atau penyewaaan mobil. Pilihan yang lain 
sebagai persetujuan untuk satu dari taksi atau pangkalan taksi yang mana 
biasanya terdapat di sekitar area kesibukan masyarakat seperti area pasar atau 
tempat pemberhentian jalan raya, tetapi banyak sopir yang beroperasi pada jam 
terbang malam tanpa surat ijin wajib secara resmi yang mana sangat beresiko. 
Untuk penyewaan mobil sekaligus supirnya banyak terdapat di Indonesia, itu 
biasanya memiliki tingkatan yang berbeda untuk supir dengan tujuan di dalam kota 
dan supir untuk tujuan keluar kota.
Tingkatan yang berbeda untuk jarak 
yang sama atau waktu periode watu, sesuai dengan model dan kondisi mobil yang 
digunakan. Sebuah catatan untuk mengingat semua daftar mobil taksi dan penyewaan 
mobil digunakan plat nomor warna kuning, hitam untuk mobil pribadi dan merah 
untuk kendaraan milik pemerintah. Hal ini lebih baik untuk pedoman daftar taksi 
dan transportasi Bandar udara dalam kedatangan ke sebuah tujuan.
Taksi
Taksi berargo biasanya terdapat di 
Jakarta. Di Jakarta, tarif awal biasanya adalah Rp5.000,00 dan akan terus 
bertambah per kilometer. Taksi seperti ini biasanya banyak digunakan juga di 
kota lainnya dan semua dilengkapi dengan argo meter/alat pengukur 
tarif.
Biasanya, taksi-taksi memiliki AC, 
kecuali untuk taksi yang disewakan per jam, kebanyakan bandar udara memiliki 
agen transportasi di mana taksi menjadi fasilitas dan masalah tentang bukti 
pembayaran tunai untuk tujuan yang berbeda.
Bajaj 
Bajaj dan Jakarta sudah bagaikan dua hal yang identik, tak ada 
kota lain yang memiliki angkutan kota unik macam ini di Indonesia. Tawar-menawar adalah kebutuhan dan sebuah harga 
menjadi persetujuan sebelum menggunakan jasa angkutan ini.
 Di Jakarta memiliki dua jenis bajaj, yaitu bajaj 2 tak 
(berbahan bakar bensin dan berwarna orange) dan bajaj gas (berbahan bakar gas 
dan berwarna biru). Di antara kedua jenis bajaj tersebut, bajaj berbahan bakar 
gas adalah bajaj keluaran terbaru di jakarta sejak beberapa tahun terakhir ini. 
Bajaj ini bisa dibilang cukup nyaman (karena tidak mengeluarkan suara bising dan 
tidak terlalu menghasilkan guncangan yang dahsyat ketika melintasi jalan 
berlubang) dan ramah lingkungan (karena tidak mengeluarkan asap sisa 
pembakaran). Tetapi kendaraan mini dengan roda tiga ini tidak diperbolehkan 
masuk atau melintasi jalan tertentu, misalnya jalan tol atau jalan-jalan 
protokol di Jakarta.
Di Jakarta memiliki dua jenis bajaj, yaitu bajaj 2 tak 
(berbahan bakar bensin dan berwarna orange) dan bajaj gas (berbahan bakar gas 
dan berwarna biru). Di antara kedua jenis bajaj tersebut, bajaj berbahan bakar 
gas adalah bajaj keluaran terbaru di jakarta sejak beberapa tahun terakhir ini. 
Bajaj ini bisa dibilang cukup nyaman (karena tidak mengeluarkan suara bising dan 
tidak terlalu menghasilkan guncangan yang dahsyat ketika melintasi jalan 
berlubang) dan ramah lingkungan (karena tidak mengeluarkan asap sisa 
pembakaran). Tetapi kendaraan mini dengan roda tiga ini tidak diperbolehkan 
masuk atau melintasi jalan tertentu, misalnya jalan tol atau jalan-jalan 
protokol di Jakarta. 
Mikrolet dan 
Bemo
Ini adalah bus kecil, yang mana 
dapat mengangkut 10 penumpang dan melintasi jalur yang pasti. Kendaraan ini 
memiliki sebutan nama yang berbeda di lain kota, seperti angkutan di Jawa 
Tengah, Bemo di Bali. (Bemo di Jakarta adalah kendaraan yang lebih kecil 
mengangkut 6 penumpang).
 Tarif bemo mengandalkan pada jarak dan berhenti 
berkali-kali menurut keinginan penumpang. Kendaraan ini dapat disewa tetapi 
melalui tawar-menawar. Selain dikota, kendaraan ini juga beroperasi di luar 
kota, untuk hal ini antara Jakarta dan Bogor dan sepanjang jalan 
negara.
Tarif bemo mengandalkan pada jarak dan berhenti 
berkali-kali menurut keinginan penumpang. Kendaraan ini dapat disewa tetapi 
melalui tawar-menawar. Selain dikota, kendaraan ini juga beroperasi di luar 
kota, untuk hal ini antara Jakarta dan Bogor dan sepanjang jalan 
negara.
 Tarif bemo mengandalkan pada jarak dan berhenti 
berkali-kali menurut keinginan penumpang. Kendaraan ini dapat disewa tetapi 
melalui tawar-menawar. Selain dikota, kendaraan ini juga beroperasi di luar 
kota, untuk hal ini antara Jakarta dan Bogor dan sepanjang jalan 
negara.
Tarif bemo mengandalkan pada jarak dan berhenti 
berkali-kali menurut keinginan penumpang. Kendaraan ini dapat disewa tetapi 
melalui tawar-menawar. Selain dikota, kendaraan ini juga beroperasi di luar 
kota, untuk hal ini antara Jakarta dan Bogor dan sepanjang jalan 
negara.
Sepeda
Seperti sepeda motor, sepeda 
bertenaga manusia biasanya tersedia untuk disewa di beberapa tempat, khususnya 
di Yogyakarta, di mana sepeda menjadi alat angkut utama, dan juga di 
Bali.
 
 
Kamu tidak membutuhkan surat izin untuk mengendarai sepeda. Selain itu, bersepeda juga bisa menyehatkan dan ramah lingkungan karena sama sekali tidak menghasilkan polusi.
 
 Kamu tidak membutuhkan surat izin untuk mengendarai sepeda. Selain itu, bersepeda juga bisa menyehatkan dan ramah lingkungan karena sama sekali tidak menghasilkan polusi.
Becak
Becak adalah jenis taksi 
sesungguhnya orang-orang kurang mampu di Indonesia dan walaupun menjadi 
berangsur-angsur tidak kelihatan di Jakarta dan kota besar lainnya di Jawa. Itu 
adalah gambaran dari contoh beberapa transportasi yang popular, di mana pejabat 
tidak memiliki larangan yang berpengaruh terhadap mereka, di Jakarta, mereka 
mengizinkan untuk beroperasi menyusur keluar kota di Jakarta.
Salah satu akan dapat menghormati untuk membayar kendaraan lainnya. Mereka mengizinkan untuk beroperasi bebas di Yogyakarta, Denpasar, Surabaya dan tempat-tempat lainnya, di mana mereka dapat menjadikan contoh transportasi dalam kota yang murah dan tepat. Pengemudi-pengemudi becak, walaupun reputasinya menjadi buruk ketika penekanan sosial, sebagian besar diantaranya mereka ramah terhadap pengemudi kendaraan umum dan sikap para penumpang.
Salah satu akan dapat menghormati untuk membayar kendaraan lainnya. Mereka mengizinkan untuk beroperasi bebas di Yogyakarta, Denpasar, Surabaya dan tempat-tempat lainnya, di mana mereka dapat menjadikan contoh transportasi dalam kota yang murah dan tepat. Pengemudi-pengemudi becak, walaupun reputasinya menjadi buruk ketika penekanan sosial, sebagian besar diantaranya mereka ramah terhadap pengemudi kendaraan umum dan sikap para penumpang.
Delman
Delman tidak lagi ditemukan di 
Jakarta. Tetapi ditempat lain di Indonesia, terutama di kota kecil, mereka 
menjadikannya alat transportasi penting. Di beberapa tempat di Indonesia, ada 
yang menggunakan satu kuda, kendaraan roda dua dipanggil dokar, delman, satu 
tempat duduk penumpang di samping di sebelah pengemudi dan tiga di 
belakang.
 Ongkos minimal Rp10.000,00 untuk jarak dari beberapa 
tempat di atas lima kilometer itu adalah alasan di kota-kota seperti Bogor dan 
Bandung dan akan menjadi mungkin rendah di kota-kota selanjutnya di daerah 
pedalaman di Yogyakarta dan Surabaya. Mayoritas delman banyak menggunakan empat 
roda ditarik oleh dua kuda dan daerah setempat menyebut andong.
 Ongkos minimal Rp10.000,00 untuk jarak dari beberapa 
tempat di atas lima kilometer itu adalah alasan di kota-kota seperti Bogor dan 
Bandung dan akan menjadi mungkin rendah di kota-kota selanjutnya di daerah 
pedalaman di Yogyakarta dan Surabaya. Mayoritas delman banyak menggunakan empat 
roda ditarik oleh dua kuda dan daerah setempat menyebut andong.
Sekarang alat transportasi itu 
menjadi sepi di beberapa area, walaupun di banyak kota, telah banyak yang 
memiliki dan lebih memilih untuk mengoperasikan becak karena lebih 
murah.Kereta Api
Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya).
Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Selain itu kereta juga bebas dari kemacetan. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.





 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar