Selasa, 25 November 2014

7 BUAH TERLANGKA



7 BUAH LANGKA DI DUNIA

 Lembut, buah berkulit kuning serupa dengan banyak Annona tapi dengan paku menonjol lebih.Daging putih untuk tembus, juicy, dengan rasa manis yang sangat baik. Biriba adalah jarangditemukan di luar daerah asli mereka sebagai blackens buah dan merusak agak cepat.

Keterangan: Cepat pohon tumbuh dari 2-6 mtr tingginya, tumbuh secara alami di hangat, basah daerah tropis dan tidak akan bertahan suhubeku. Batas utara adalah mungkin ekstrim South Florida.Tumbuh di Lingkungan: Biriba sering tumbuh di daerah yang subur sehingga akan bisa mentolerirtanah sangat basah. Tumbuh di sinar matahari penuh.
Perbanyakan: Dengan biji / sambung susu / cangkok.
Kegunaan: Buah dimakan segar rasa nya mantappp.
Native Range: Berasal dari Amazon Brazil-Peru, namun jangkauan kini menyebar ke seluruh Karibia,Amerika Tengah,Selatan dan surabaya hehehe. Hal ini jarang jika pernah ditanam secara komersial,tetapi sering ditemukan dibudidayakan dalam skala kecil di daerah Amerika tapi sekarang sudah banyak di indonesia dan tumbuh subur.
 
Durian berdaging merah ini merupakan durian liar yang ditemukan di hutan Kalimantan.
Sama halnya dengan durian lainnya, durian ini mempunyai kulit berduri dan aroma durian yang sangat khas dan menyengat.Yang membuatnya berbeda adalah warna dari daging buahnya yang berwarna merah dan kebanyakan durian ini dikonsumsi oleh burung.
Buah jamblang biasa dimakan segar. Di India dan Filipina, seperti juga kebiasaan di beberapa daerah di Indonesia, buah jamblang yang masak  dicampur dengan sedikit garam dan kadang-kadang ditambahi gula, lalu dikocok di dalam wadah tertutup (biasanya dua mangkuk ditangkupkan) sehingga lunak dan berkurang sepatnya. Buah yang kaya vitamin A dan C  ini juga dapat dijadikan sari buah, jeli atau anggur. Di Filipina, anggur jamblang diusahakan secara komersial.  Pohon jamblang juga sering ditanam sebagai pohon peneduh di pekarangan dan perkebunan (misalnya untuk meneduhi tanaman kopi), atau sebagai  penahan angin (wind break). Bunga-bunganya baik sebagai pakan lebah madu.
 Rasanya asam-asam manis. Daging buahnya sangat sedikit karena bijinya besar. Buah ini banyak terdapat di Bogor dan sekitarnya. Di Jawa Tengah, menteng  disebut  dengan mundung. Menteng,kepundung, atau (ke)mundung adalah pohon penghasil buah dengan nama sama yang dapat dimakan. Sekilas buah menteng mirip dengan buah duku namun tajuk pohonnya berbeda. Rasa buahnya biasanya masam (kecut) meskipun ada pula yang manis. Menteng dulu biasa ditanam di pekarangan namun sekarang sudah sulit ditemui akibat desakan penduduk dan penanaman tanaman buah lain yang lebih disukai. Tumbuhan ini asli dari Pulau Jawa. Di sekitar Jakarta dan Bogor kadang-kadang masih ditemukan penjual buah menteng.
 
Jambu mawar alias jambu kraton adalah anggota suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara, Dinamai demikian karena buah jambu ini memiliki aroma wangi yang keras seperti mawar. Buah berbentuk hampir bulat, agak lonjong atau melebar pada dasarnya. Garis tengahnya 4 – 5 cm. Bila sudah masak warnanya kuning pucat atau kehijau-hijauan, dengan kulit licin dan agak keras. Warna bijinya coklat. Buah yang sudah masak bisa dimakan segar atau dimasak dulu dicampur dengan buah lainnya serta gula untuk dibuat selai atau jeli.
 Buah berbentuk bulat, daging buahnya tebal dan mengandung cairan, berbiji banyak. Dapat dimakan dalam keadaan segar, dan dapat pula dibuat rujak.  Bisa juga dibuat manisan dan asinan. Buah yang masihBuah yang masak  berwarna merah kehitaman. Rasanya asam-asam manis,dan muda dapat digunkan sebagai obat, dan daun mudanya bisa untuk lalap.
    Buah berbentuk bulat telur berukuran kecil. Buah yang masak enak dimakan, rasanya manis, kadang-kadang sedikit sepet. Kulitnya sangat tipis, dan mudah mengelupas. Buahnya selain dapat dimakan, kayunya yang keras dan kuat sangat baik untuk dibuat patung, perabot rumah tangga, alat-alat pertukangan, tiang penyangga rumah, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar